Setiap kita menyalakan komputer kita sudah sering melihat Start Menu. start menu digunakan untuk memudahkan user dalam memilih aplikasi yang akan dijalankan. Pada windows Start Menu tersebut bertuliskan Start. Dalam artikel ini saya ingin memberikan tips agar tulisan start tersebut diganti dengan nama yang kita inginkan.

sebelumnya unduh tools Resource Hacker yang akan kita gunakan. Resource Hacker digunakan untuk memodifikasi file – file yang tidak bisa dimodifikasi seperti *.exe , *.dll , *.ocx , *.cpl , *.src, dan *.res . tools ini bersifat freeware dan sangat ampuh.
setelah selesei mengunduh tools tersebut jalankan aplikasinya, lalu pada menu bar pilih file –> open. pilih driveC: –> WINDOWS –> explorer.exe.
pada folder list pilih folder String Table –> 37 –> 1033
lalu rubahlah tulisan start pada jendela sebelah kanan yang di dalam kutip dengan kata yang kita inginkan. perlu diingat bahwa kata yang ingin kita masukkan harus di dalam tanda kutip ” “.
lalu Compile dengan cara megklik tombol Compile Script. Setelah selesai mengcompile, save as file tersebut dan simpan dengan nama lain, dalam hal ini saya memberi nama explre.exe. INGAT!!! jangan menyimpan dengan cara memilih save atau dengan nama explorer.exe karena file tersebut akan tertimpa dan tidak dapat dipakai kembali, akan repot nantinya jika terjadi crash.
jika sudah berhasil disimpan, buka registry editor pada start menu –> run, dan ketikkan regedit
jika sudah masuk ke jendela registry editor pilih HKEY_LOCAL_MACHINE –> SOFTWARE –> Microsoft –> Windows NT –> currentversion –> Winlogon . lalu pada jendela sebelahnya klik 2x pada file shell. pada Value data masukkan nama file explre.exe yang tadi lalu klik OK.
restart komputer anda dan lihat perubahan pada start menu yang baru.

bagi yang belum punya Resource Hacker moggo donwnload di sini